Sabtu, 23 November 2013

Compound


Hai hai, postingan kali ini mau bahas tentang compound. Apa sih compound itu? Yuk baca sampek selesai :)

Ini ada beberapa definisi compound menurut beberapa ahli:
  • Mihalicek and Wilson (2011): compounding is a process that forms new words not by means of affixes but from two or more independent words.Jadi menurut Mihalicek and Wilson, compounding itu proses pembentukan kata baru bukan dengan menambahkan imbuhan (contoh: deactivation), tapi dengan menggabungkan dua atau lebih kata yang berdiri sendiri (contoh: blackboard).
  • Andrew Spencer and Arnold M. Zwicky (2007): compound is a word which consist of two or more words. the meaning of a compound is usually to some extent compositional, though it is often unpredictable. Menurut Andrew Spencer and Arnold M. Zwicky, kata majemuk/compound adalah sebuah kata yang terdiri dari dua kata atau lebih (sama kayak penjelasan diatas). Tapi mereka menambahkan bahwa makna dari kata majemuk kadang sesuai dengan makna dari masing-masing kata (contoh: swimming pool, nah makna dari swimming pool ini sudah sangat jelas yakni swimming=renang pool=kolam, jadi swimming pool=kolam renang), walaupun makna dari kata majemuk sering juga sulit ditebak (contoh: window-shop, arti dari kata ini bukan belanja jendela, tapi artinya adalah to walk in front of stores and look at the products displayed in the windows without buying anything).

Terus apa bedanya compound sama phrase?

Sabar-sabar tulisan belum kelar boss..
Cara mbedain compound sama phrase adalaaaaahh jeng jeng lebayyy
Compound itu cuma punya satu kelas kata sedangkan phrase punya kelas kata untuk masing-masing kata pembentuk frase tersebut. Contoh:
Compound: black (adj) + board (n) = blackboard (n). Blackboard yang compound ini punya arti “a board to write on”
Phrase: black (adj) + board (n) = black board (kata ini punya dua kelas kata/part of speech yaitu adjective "black" dan noun "board"). Black board ini artinya “a board that is black”
Oh ya cara penulisan dari compound itu bisa macem-macem, bisa digandeng, dipisah atau diberi tanda hyphen (-), contoh:
  • Brainwash (digandeng)
  • Swimming pool (dipisah)
  • Well-known (hyphen)
Di beberapa kasus kalian bisa aja nemuin kata majemuk di buku A tulisannya pake hyphen tapi di buku B engga, that’s okay you don’t have to be panic :D, soalnya emang ga ada aturan baku untuk cara penulisan ini.
Well, sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat yaaaaaa.......
See you, love you, miss you *apaan sih hahahaha
 
;